Header Ads

http://zakizi.blogspot.co.id/

Arus yang Ideal untuk Charge/Pengisian Aki

..............www.ZAKIZI.BLOGSPOT.COM / PECANGAAN, JEPARA...............

Arus yang Ideal untuk Charge/Pengisian Aki

Arus Charging Aki
Arus ideal pada Ampere meter saat pengisian aki adalah 10% dari kemampuan aki. Jika aki 40 Amp, maka idealnya anda charging dengan 4 amp saja selama 10 jam.

Charge aki bisa dengan arus yang 'besar' sehingga aki akan cepat penuh, tapi aki akan menjadi mendidih dan panas, ini akan beresiko membuat sell pada aku tersebut melengkung dan rusak.

Charging C/20.
Anda melakukan Charging Aki dengan rumus C/20, artinya arus pengisian = Nominal AH dibagi 20.
Jadi kalau accu Anda 60 AH (Ampere Hour), maka arus pengisiannya adalah 60/20=3 Amp dan dilakukan pengisian selama 20 jam.

Bila accu anda dalam keadaan kosong (kira-2 10,5 - 11 Volt), sebaiknya di'charge pakai C20 atau arus engisian kira-kira 60Amp/20 = 3 Amp selama 20 jam.

Kalau mau lebih cepat pengisiannya, maka bisa dipakai c/10 (atau arus pengisian = 60AmpereHour/10 Hour = 6 Ampere). Makin lambat proses pengisiannya (atau arus pengisian makin kecil) akan membuat accu lebih awet. Sebaliknya proses pengisian yang terlalu cepat (Quick charge) berarti membunuh accu secara perlahan-lahan dan membuat umur accu menjadi lebih pendek.

Voltage Charger

Voltage Charger Biasanya di set 110% sampai 115% dari nominal Tegangan aki. Bila akinya 12Volt maka tegangan Charger harus berkisar antara 13,2 sampai 13,8Volt. Jika lebih maka akan terjadi over voltage sekaligus over charge. Jika kita menggunakan Power supply sebagai charger maka voltage power supply (biasanya 12Volt) hanya mampu mengisi aki (Accu) sebesar 100% dari nominal tegangan aki dan biasanya setelah dicharge dan digunakan aki akan cepat habis karena dianggap tidak penuh.


Sensor Tegangan bias
 
Untuk Aki charger biasanya telah dilengkapi sensor Tegangan bias aki, artinya bila aki telah terisi penuh Voltage aki = Voltage Charger maka charger otomatis akan menghentikan proses charge. Untuk arus listrik yang mengalir ke aki bila kita menggunakan charger aki proses pengisian perlahan -lahan akan turun bila aki mencapai nilai ambang dari charger dan charger akan menghentikan proses pengisian bila aki telah penuh.
 
 
Catatan.
Umur aki akan mempengaruhi proses Charging. Aki yang sudah lama akan membutuhkan waktu charging yang lebih lama dibandingkan Aki baru. Jadi umur aki dan proses charging akan berbanding lurus.
Umur aki Umumnya antara 4 sampai 5 tahun, aki yang berumur tua akan rusak meskipun tidak pernah dipakai dan di maintenance (charge).

95 komentar:

  1. (indahnya berbagi pengetahuan, kalau ga bisa di copy buat apa bikin blog gan?) Jadi seperti ini :


    Arus yang Ideal untuk Charge/Pengisian Aki
    Arus Charging Aki
    Arus ideal pada Ampere meter saat pengisian aki adalah 10% dari kemampuan aki. Jika aki 40 Amp, maka idealnya anda charging dengan 4 amp saja selama 10 jam.

    Charge aki bisa dengan arus yang 'besar' sehingga aki akan cepat penuh, tapi aki akan menjadi mendidih dan panas, ini akan beresiko membuat sell pada aku tersebut melengkung dan rusak.

    Charging C/20.
    Anda melakukan Charging Aki dengan rumus C/20, artinya arus pengisian = Nominal AH dibagi 20.
    Jadi kalau accu Anda 60 AH (Ampere Hour), maka arus pengisiannya adalah 60/20=3 Amp dan dilakukan pengisian selama 20 jam.

    Bila accu anda dalam keadaan kosong (kira-2 10,5 - 11 Volt), sebaiknya di'charge pakai C20 atau arus engisian kira-kira 60Amp/20 = 3 Amp selama 20 jam.

    Kalau mau lebih cepat pengisiannya, maka bisa dipakai c/10 (atau arus pengisian = 60AmpereHour/10 Hour = 6 Ampere). Makin lambat proses pengisiannya (atau arus pengisian makin kecil) akan membuat accu lebih awet. Sebaliknya proses pengisian yang terlalu cepat (Quick charge) berarti membunuh accu secara perlahan-lahan dan membuat umur accu menjadi lebih pendek.

    Voltage Charger

    Voltage Charger Biasanya di set 110% sampai 115% dari nominal Tegangan aki. Bila akinya 12Volt maka tegangan Charger harus berkisar antara 13,2 sampai 13,8Volt. Jika lebih maka akan terjadi over voltage sekaligus over charge. Jika kita menggunakan Power supply sebagai charger maka voltage power supply (biasanya 12Volt) hanya mampu mengisi aki (Accu) sebesar 100% dari nominal tegangan aki dan biasanya setelah dicharge dan digunakan aki akan cepat habis karena dianggap tidak penuh.


    Sensor Tegangan bias

    Untuk Aki charger biasanya telah dilengkapi sensor Tegangan bias aki, artinya bila aki telah terisi penuh Voltage aki = Voltage Charger maka charger otomatis akan menghentikan proses charge. Untuk arus listrik yang mengalir ke aki bila kita menggunakan charger aki proses pengisian perlahan -lahan akan turun bila aki mencapai nilai ambang dari charger dan charger akan menghentikan proses pengisian bila aki telah penuh.


    Catatan.
    Umur aki akan mempengaruhi proses Charging. Aki yang sudah lama akan membutuhkan waktu charging yang lebih lama dibandingkan Aki baru. Jadi umur aki dan proses charging akan berbanding lurus.
    Umur aki Umumnya antara 4 sampai 5 tahun, aki yang berumur tua akan rusak meskipun tidak pernah dipakai dan di maintenance (charge).

    BalasHapus
    Balasan
    1. min. saya ada aki 12 votl 200ah. tapi saya carger dengan 24volt dan arus 11ampere. kalau aku menggunakan 12 volt itu arusnya gk bisa naik sampai 10ampere, paling cuman 2-5 ampere doang sedangkan aki saya 200ah. itu solusinya bagaimana? 1. gk apa saya cas dengan 24 volt tapi arus 10 ampere?
      2. cargernya bermasalah?

      Hapus
  2. Arus yang Ideal untuk Charge/Pengisian Aki
    Arus Charging Aki
    Arus ideal pada Ampere meter saat pengisian aki adalah 10% dari kemampuan aki. Jika aki 40 Amp, maka idealnya anda charging dengan 4 amp saja selama 10 jam.

    BalasHapus
  3. Salam Mas Zakizi, informasi yg sangat bermanfaat, ada yg mau sy tanyakan :

    Saya mau mencharge aki 12 VDC, 70AH melalui generator tenaga angin.

    Berarti yg saya perlukan generator yg arus keluarnya 7 AH, 13,2 - 13,8 VDC.

    Saya tidak menemukan generator yg arus keluarnya 13,2 - 13,8 VDC. Yg banyak dijual hanya generator 12 VDC atau 24 VDC.

    Saran dari Mas gimana ?

    Sekalian sy mau tanya, mungkin mas Zakiki tau, karena memakai tenaga angin, pasti selalu berubah-ubah kecepatan putar generatornya. Akibatnya yg berubah di generator apanya ya ? Arus keluar atau Voltnya ?

    Thx
    Deni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya genset, di genset ada colokan (stop kontak) untuk charger aki; di bawah stop kontak charger tertulis 8 ampere 12volt; setelah saya cek dengan voltmeter digital ternyata teganganya ada pada kisaran 14-15v ; jadi memang dirancang untuk bisa ngechage aki bawaan genset itu sendiri.

      Hapus
    2. Kalau dari generator tenaga angin ya harus di rangkai seperti dari tenaga surya. Harus ada controler nya

      Hapus
    3. saya menggunakan solar cell. Tegangan max 17volt 8Amper.

      Hapus
    4. Pake buck step down converter tegangan bisa stabil arus bisa stabil pake IC lm2596

      Hapus
  4. Buat generator yg 24 v sj gan, nnti buat rangkaian stabiliser 13,8 dgn IC 7812 dan zener 4148 4 buah dan transistor TIP 3055 2 buah dah cukup

    BalasHapus
  5. @ ali mubtadiin : thx infonya Gan, bisa tolong di email skema rangkaian stabilisernya ke deniraga@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi skema rangkaian stabilisernya juga bang , di email : anangtriwibowoo@gmail.com
      Terima kasih bang , saling berbagi ilmu

      Hapus
    2. salam kenal pak ali mubtadiin, saya juga mau donk pak skema rangkain charger baterai 24 Volt nya, saya lagi butuh ne pak mau buat yg otomatis, mohon ya pak kirim ke email saya :
      sopiansagala@gmail.com
      terimakasih pak sebekumnya, saya tunggu skemanya

      Hapus
    3. Cari step down dc aja bisa diatur keluaran voltase nya

      Hapus
    4. Salam kenal pak ali mubtadiin
      Kalau gak keberatan Saya juga mau pak skemanya pak.
      Ke email awonkcokeyz@gmail.com

      Trima kasih

      Hapus
  6. Gan numpang tanya kebetulan saya ada travo40 amp ct bisa kah kita pakai dan mohon pencerahan untuk rangkaian dan nilai2 komponen juga ic dan transistor tipe apa yg cucok gan terimakasih

    BalasHapus
  7. Gan numpang tanya dan pencerahan nya kebetulan saya ada travo 40 amp tipe ct bisa di pakai kah dan kira berapa nilai dari komponen2 nya dan transistor apa yg cocok juga ic tipe berapa yg pas terimakasih

    BalasHapus
  8. mas, emangnya ic tersebut bsa dialiri listrik hingga 7 amper?

    BalasHapus
  9. Gan bagaimana klu accu lebih dari satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, kalo seri nyambung nya tegangan nya jadi double 12V + 12V jadi 24V. Seri aki 1 positif dihubungkan aki 2 negatif. Aki 1 negatif dan aki 2 positif disambungkan ke beban/alat.

      Hapus
    2. Gan kalo disambungkan paralel. Aki1 positif ke aki2 positif dan Aki1 negatif ke aki2 negatif dan dua dua nya terhubung ke beban. Maka tegangan nya tetap 12V tapi arus kapasitas double jika per aki 50AH total jadi 100AH.

      Hapus
  10. Mas Mau Nanya... kalau charger Aki yang 10 Ampere kira-kira berapa lama ya.. mas. buat nge-charge Aki 12V-70Ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70AH Dibagi 10% dengan kuat arus 7 amper membutuhkan waktu 10 jam untuk penuh

      Hapus
  11. Banyak yg salah kaprah gan, masa ngecharge aki pake charger yg gedenya kayak stavolt, arusnya 10 A pula, gile bener,,, voltase cuma 12 V,,, ane yakin itu sebenernya adaptor AC to DC, bukan Charger Aki, wkwkwk,,, cocok dipake buat nyalain alat elektronik yg pakai listrik DC doang.

    Karena paham soal rumus ini,,, ane ngecharge aki cukup pakai adaptor kecil yg biasa buat alat elektronik,,, voltase tertulis 12 V tapi setelah diukur ternyata 17 Volt, hahaha,,, tapi Ampere 3 A, ideal buat ngecharge aki 35 - 70 Ah.

    Cuman ane heran aja bro, awalnya diukur voltase adaptor ini 14 volt loh, eh skarang malah 17 volt, tapi ketika ane pasang ke aki yg terkoneksi ke adaptor, voltase jadi sesuai dengan voltase aki, jadi yg awalnya 11 volt berangsur-angsur naik hingga > 12 volt.

    Voltase charging di motor/mobil biasanya 14,4 volt max, semoga aja 17 volt ini masih toleransi,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku juga output 17 volt pakai amper 5

      Hapus
    2. Adaptor apa ya? Beli dimana?
      Saya juga lagi cari yang current outputnya 17 volt.

      Hapus
    3. Pengecas Aki yg cocok 12v-50ah

      Hapus
    4. 3A/17,8v masih ideal buat charg aki, kebetulan sy pake panel surya outputnya max 2,8A/17,8v.

      Hapus
  12. Mas mau tanya...
    Misal charger tertulis 12v===3A
    Smentara batre aki 12v 4A
    Apakah baik untuk mengecas batre?
    Charger besar(Ampere)vs aki kecil(ampere)...atau
    Charger kecil(Ampere) vs aki besar(amper)

    Idealnya mana yg lebih besar untuk mencharger?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya punya mobil remot 4 kursi yg bisa dinaiki 4 anak , dan dikasih adaptor/ Charger bawaan dari pembelian mobil ; di body adaptor tertulis output 12v 1a dan setelah di test pakai voltmeter terbaca 14-15v ; dipakai untuk charge lama banget sekitar setengah hari baru full dengan indikator lampu charger dari merah jadi kuning. Memang arus ideal adalah 1/10 dari Mah baterai/aki. Trims

      Hapus
  13. mas bro ane pke charger merk delta dt 660d tp sekring nya putus mulu, ane pasang sekring 25 Ampere..standar nya berapa sih ?

    makasih mas brooh

    BalasHapus
  14. Bermanfaat sekali penjelasannya...
    Saya pakai trafo 10A tegangan 18volt dengan peyearah dioda saja, untuk accu 70 AH 12volt
    Cepat sekali penuh , tapi umur accu cuma bertahan 4 bulan dah soak.

    BalasHapus
  15. mas. saya ngisi aki dengan tegangan 14 v ke aki 12v, pas saya hubungkan itu saya test pakek avo, tegangan yg terbaca itu mendekati tegangan aki.
    apa bisa ya mas kalo pengen test ketepatan tegangan charge 14v saat pengisian? apakah harus di tambah komponen lagi diantara powersupply sama aki?

    BalasHapus
  16. Mas aku punya adaptor output 19 v, kalau supaya bisa buat cas aki motor idealnya di turunkan ke berapa volt?
    Boleh minta pencerahan tuk rangkaianya juga?
    Kirim ke email mhabibmaruf@gmail.com
    Makasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih out put yg kecil aja mas kl cm aki motor ambil 12 volt saja... Kl mau pasang pake dioda 1 aja cukup, dioda di taruh yg 12v..itu sama dg (+)... Yg 0 sama dg (-)

      Hapus
  17. Gan rangkaian untuk menurunkan tegangn adaptor 19 volt ke 14 volt gimana?

    BalasHapus
  18. maaf numpang tanya gan ,, ane punya mobil tua lancer dengan aki skitar 70amper kali gak salah ,pas ane cas cuma 2 jam terus pas ane pasang gak lama pemakaian udah down lagi ,mobil tiba2 mati mendadak ,, yg ane tanya ane harus nge'carge brp lama ya gan untuk aki ane ,, mohon pencerahan nya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternator rusak (ngga ngisi) klo keadaan accu masih bagus.

      Hapus
  19. Mas mau tanya, aku ada aki kering 12v 18ah. Kalau mau cas dgn adaptor sebaiknya dg ukuran berapa

    BalasHapus
  20. mas admin mau tnyak nih klo saya pakai cash 10A outputnya sya pakai 15v. nah kalo di jadikan watt itu berapa watt ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 150 watt . Rumusnya untuk mendapatka.watt . P=(10)Ax(15)V=150Watt

      Hapus
  21. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    BalasHapus
  22. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF" (Garansi Resmi 6 Bulan), Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    BalasHapus
  23. Mas kalo cas aki pake charger yg digunakan untuk mobil bisa gk? Thanks uda ta cobain tp aki nya panas bangat

    BalasHapus
  24. Bagaiman ua efeknya jika satu aki dicharger dengan 2 charger apa ada bahayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya 2 charger di jadikan satu menjadi rangkaian seri
      yg artinya voltase akan tetap tapi
      adaptornya memiliki 14v 2 ampere
      jika di gabungkan akan mrnjadi 14v 4 ampere
      sebaiknya memakai 1 charger saja
      dan di atas kan udah di bilang semakin kecil ampere yg di kasih ke aki akan semakin awet...tp akan semakin lama ngecasnya

      Hapus
  25. Pak bozz....
    Mau tanya....
    Mampukah alternator 120ampere untuk menyuplai 3 aki?
    100ah x 2
    55ah X 1

    Trmksh

    BalasHapus
  26. Pak bozz....
    Mau tanya....
    Mampukah alternator 120ampere untuk menyuplai 3 aki?
    100ah x 2
    55ah X 1

    Trmksh

    BalasHapus
  27. mau tanya gan utk aki yg 12v-60ah cocok nya dicharger brp Amper gan dan brp jam utk ideal nya.mohon pencerahan nya agan2.thx

    BalasHapus
  28. Mas saya punya adaptor bekas laptop yg keluar nya AC DC 19 volt...bisa nggak tuk cas aki mobil

    BalasHapus
  29. Klo punya Carter AC DC 19 volt bisa nggak tuk charger aki

    BalasHapus
  30. Klo punya Carter AC DC 19 volt bisa nggak tuk charger aki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya Bisa pake step down dc voltase atur sendiri ampere jg bisa diatur sendiri jngn lupa pake kipas tambahan biar modul ga panas

      Hapus
  31. Mau tanya bos kalau travo 5 amper..buat ces aki kalau keluar pake 18 dan 24 di gabung bermasalah ngk bos..to pas ukuran nya 14 vol keluar nya..klau pake 18. 18vol keluar nyavcuma 12 vol..klqu pake 24 24 keluar nya 18 vol..tlong kompirmasi nya..

    BalasHapus
  32. Charger laptop buat ngecas aki 40A memang top

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mau nanya,saya punya charger laptop yang bisa disetel mulai dari 6-24 v bisa nggak dipakai untuk cas aki 40-70 v?

      Hapus
    2. 19 volt arus 3,4 ampere biasanya berapa jam penuhnya Mas...?

      Hapus
  33. Numpang tanya,output saya ada arusnya semua,apakah aman,ket charger bekas timbangandigital dan saya ngeceknya pakai taspen

    BalasHapus
  34. Kalau voltase charger lebih kecil dari voltase aki bisa nggak dipakai charger nya min?

    BalasHapus
  35. Apa perbedaan amper besar dan amper kecil.mohon pencerahannya

    BalasHapus
  36. Apa perbedaan amper besar dan amper kecil.mohon pencerahannya

    BalasHapus
  37. maaf, mau tanya, kalau akinya 7 ampere 12 volt, charger bisa gak yang 2 ampere???

    BalasHapus
  38. Untuk aki 12v 35AH/40A,saya cas pakai carger laptop dan hasilnya👍👍👍👍

    BalasHapus
  39. kalo arus 15 volt dari trafo untuk mengecas aki 12 volt untuk motor, apakah bisa bos

    BalasHapus
  40. kalo arus 15 volt dari trafo untuk mengecas aki 12 volt untuk motor, apakah bisa bos

    BalasHapus
  41. kalo arus 15 volt dari trafo untuk mengecas aki 12 volt untuk motor, apakah bisa bos

    BalasHapus
  42. kalo arus 15 volt dari trafo untuk mengecas aki 12 volt untuk motor, apakah bisa bos

    BalasHapus
  43. kalo arus dari trafo 15 volt untuk mengecas aki 12 volt untuk motor apa bisa bos,,,

    BalasHapus
    Balasan
































    1. Sangat bisa sekali bro keluaran 15v kasih dioda 5a biasa dua buah Diseri, jika setiap dioda ada kerugian 0,6 maka 2 dioda tsb dah berkurang 1,2v jadi tepat 13,8v

      Hapus
































    2. Sangat bisa sekali bro keluaran 15v kasih dioda 5a biasa dua buah Diseri, jika setiap dioda ada kerugian 0,6 maka 2 dioda tsb dah berkurang 1,2v jadi tepat 13,8v

      Hapus
  44. Mau nanya bg, berapa jam dicas aki baru yg 100 amper

    BalasHapus
  45. Seumpama aki di cas pake 500Mah kira* bisa awet kah / bisa masukkah tegangannya ke aki apa ngga??
    Tolong masukannya trus harus berapa jam kalo emang bisa??

    BalasHapus
  46. Mas saya mau bertanya ni...saya ada cas mobilan aki 6v.tapi kalo di ukur di ujung cas mobilan yg keluar adalah 13v.kalo di ukur lagi ngecas aki,Tenganan turun menjadi 7,5v....yg saya mau tanya apa kah ini normal layak di pakai atau gimana?...mohon petunjuk nya....

    BalasHapus
  47. Mas saya mau bertanya ni...saya ada cas mobilan aki 6v.tapi kalo di ukur di ujung cas mobilan yg keluar adalah 13v.kalo di ukur lagi ngecas aki,Tenganan turun menjadi 7,5v....yg saya mau tanya apa kah ini normal layak di pakai atau gimana?...mohon petunjuk nya....

    BalasHapus
  48. klu yang di charger aki motor skitar 3,5 ampere menggunakan adaptor berapa ampere bila waktu yang di inginkan untuk charger sekitar 8-10 jam boss.....??

    BalasHapus
  49. Bos,saya mau tanya nih.
    saya punya aki mobil,saya cek pake voltmeter,volt nya kok 24 volt.padahal umumnya kan 12 volt.itu kenapa akinya kok bisa begitu
    makasih bos sebelumnya

    BalasHapus
  50. .
    Saya mau tanya. Kemarin saya beli carger aki mobil 12v 10a.trus saya buat carger selama 2 jam kok aki udah puuanas yaaa. Aki saya NS60. Mungkin ada yang bisa bantu menjawab¿? ?
    Trimakasih 🙏🙏

    BalasHapus
  51. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  52. Punya travo bekas ces aki, output 25 volt kl diturunin biar bisa 13.8 v gimana Lur ya rangkaian yg aman buat aki. Selama ini kl ngecea tak bendeng seri dua aki.

    BalasHapus
  53. Mohon penerahannya agan2 , apakah boleh aki motor di charger dengan charger yg tegangannya 24 v 10 amp?

    BalasHapus
  54. Bismillah..
    Untuk charger Aki yg 20 AMP apakah bisa dipakai untuk charger aki motor yang 12v 3.5Ah..?

    BalasHapus
  55. Sya punya aki 7A trus mau sya cas kan ke 12V battery charger /cas aki bisa apa gk trus memerlukan brp jam...

    BalasHapus
  56. Bang tolong tanya ya:
    Saya barusan maubngecas aki 12v 3A dengan power supply (PS) 12v 3A, PS baru saya sambungkan ke aki nya, langsung meletus-letus kecil, saya cabut kabel dari aki nya dan saya mau cek voltagenya, saya pasang ke PLN dan malah meledak PS nya, saya buka 2 elco yg di tengah jebol dan sebelah nya mungkin dioda cuma kelihatan kawatnya.
    KENAPA BISA BEGITU BANG, MOHON MASUKANNYA YA. Terima kasih

    BalasHapus
  57. Jadi kalo saya punya kontrol carger kurang lebih 12v 10Amper (carger panel surya) saya harus beli aki brp amper gan?saya pake panel surya 10wp yg Kira2 waktu peaknya sekitar 5 jam an

    BalasHapus
  58. Kalo aki 12V 5Ah
    . Ngecas pake amper berapa ya ?
    . Dan berapa lama ngecasnya ?

    BalasHapus
  59. Kalo aki 12V 5Ah
    . Ngecas pake amper berapa ya ?
    . Dan berapa lama ngecasnya ?

    BalasHapus
  60. Mas...saya punya charger aki dengan tegangan output 20 volt...apakah bisa di gunakan utk mencharging aki 12 volt.....tpi saya sudah coba dan bisa penuh asalkan di kontrol dalam proses pengisiannya.....gimana itu gan

    BalasHapus
  61. Saya punya carger keluar arus 17v....klo buat ngcas aki 12v gmna ya pak

    BalasHapus
  62. pak mau nanya, saya mencas battery 2 x 150 ah. amper di charger saya menunjuk angka 20 amper dan trus turun 10 amper dan berhenti di angka tersebut. apakah itu bertanda aki sudah penuh atau charger tidak mencas lagi? mohon penjelasannya pak. terimaksih,..!!

    BalasHapus
  63. Maaf min kalau 17 volt bisa buat cas aki 12 volt apa tidak

    BalasHapus
  64. Mau tanya kalau ampere meter charger aki nunjuk nya ke arah minus .. itu kenapa ya..

    BalasHapus
  65. Mau tanya kalau ampere meter charger aki nunjuk nya ke arah minus .. itu kenapa ya..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan anda....
Kami tunggu anda , kembali....

zakizi berbagi. Diberdayakan oleh Blogger.