Header Ads

http://zakizi.blogspot.co.id/

SEO Friendly Untuk Meta Tag Description & Keyword Pada Blogspot

..............www.ZAKIZI.BLOGSPOT.COM ...............


SEO Friendly Untuk Meta Tag Description & Keyword Pada Blogspot


Bagi pengguna blogger.com (blogspot), pernah kah anda memperhatikan bahwa setiap halaman blog yang sudah terindex oleh searc engine selalu menampilkan description yang sama? hal ini terjadi apabila menggunakan Meta Tag Description dan Meta Tag Keywords yang biasa, seperti di bawah ini.
<meta content=’keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst’ name=’keywords’ />

<meta content=’descripsi blog anda’ name=’description’ />
Selama ini saya mencari sebuah kode khusus untuk meta tag description dan meta tag keyword, supaya setiap halaman blog yang telah terindex di search engine menampilkan descripsi dan keyword yang sesuai dengan isi dari setiap halaman tersebut.

Rupanya pencarian dan penantian saya tidak sia-sia. Kode yang dicari-cari akhirnya saya temukan di blognya mas Cosa melalui sebuah articlenya baru-baru ini tentang SEO Blogspot dengan Judul SEO Blogspot - Serupa Tapi Tak Sama. Itupun melului jawaban mas cosa terhadap sebuah pertanyaan di bagian komentar. Kodenya khusus tersebut yaitu :
<meta expr:content=’data:blog.pageTitle + " - deskripsi blog anda"’ name=’description’/>

<meta expr:content=’data:blog.pageTitle + ", keyword 1, keyword 2, keyword 3, dst"’ name=’keywords’/>
Setelah menggunakan kode Meta Tag Description dan Meta Tag Keaywords di atas, kemudian saya cek menggunakan search engine google, dan ternyata seluruh halaman blog saya yang sudah terindex oleh search engine (mesin pencari) menampilkan descripsi dan keyword sesuai dengan isi halaman tersebut.

Catatan : Anda tidak akan bisa langsung melihat perubahannya, tunggulah beberapa hari (satu sampai dua hari) sampai robot search engine meng-crawler ulang Blog anda.

Search Engine Friendly
Tampilan Tongkonanku.blogspot.com Pada halaman hasil pencarian mesin pencari Google, setelah menggunakan kode Meta Tag Description & Keyword baru.

Karena saya bukan ahli SEO ataupun Blogspot, maka saya tidak berani merekomendasikan mana yang terbaik dari kedua kode di atas. Tapi kalau saya sendiri lebih memilih kode meta tag description dan meta tag keywords yang kedua, karema menurut saya lebih Search Engine Friendly (itu menurut saya loh...).

Kepada master-master SEO dan Blogspot yang kebetulan mampir atau nyasar kesini, mohon kritik dan sarannya ya....! maklum baru belajar nich....

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan anda....
Kami tunggu anda , kembali....

zakizi berbagi. Diberdayakan oleh Blogger.