Header Ads

http://zakizi.blogspot.co.id/

CARA MEMBASMI TIKUS

..............www.ZAKIZI.BLOGSPOT.COM / PECANGAAN, JEPARA...............

Cara membasmi Tikus




Secara teknis tikus tidak dapat memanjat tembok, sehingga rumah dengan pagar yang baik hampir dipastikan terhindar tikus. Tapi tikus dapat dengan mudah memanjat tiang kecil, saluran air ataupun bahan lain yang memungkinkannya untuk mencengkram.
Ceritanya beberapa hari belakangan ini rumah kami diganggu oleh tikus. Sangat mengganggu, selain sangat berisik, beberapa kali si tikus buang air kecil dari atap membasahi lantai.

Setelah diusut, ternyata tikus ini masuk lewat salah satu kaki pergola yang baru beberapa minggu ini kami pasang. Kaki salah satu pergola tersebut menyentuh tanah sehingga memungkinkan tikus untuk naik keatap rumah lewat jalan ini.


Jenis tikus:

Tikus banyak jenisnya, yang akan menjadi fokus dalam tips kali ini adalah tikus rumahan, berikut perbedaannya.
1. Tikus rumahan, ukuran lebih kecil dan bersih, suka memanjat, ukuran badan 15-20cm
2. Tikus got/selokan, ukuran lebih besar, suka menggali, ukuran 20-30cm. Tikus got atau dikenal wirog ini jarang masuk kedalam rumah. Biasanya hidup diselokan. Sistem pembuangan air yang tidak baik bisa membuat tikus ini masuk kedalam rumah.

Pencegahan:
1. Tikus rumahan: Lumuri kaki pergola (atau jalur akses naiknya tikus) dengan gemuk/stempet. Harga Rp 2000,- bisa ditemukan di bengkel mobil. Gemuk membuat kaki pergola tidak bisa dipanjat tikus.
2. Tikus got: pastikan setiap akses saluran pembuangan tertutup dengan baik. Tindih atau beri pemberat setiap saluran pembuangan.

Pembasmian:
Tikus got relatif lebih mudah dibasmi, selain rute perjalanan tikus ini tetap -sehingga mudah untuk menjebaknya, atau dengan melemparnya dengan batu atau tombak bisa dengan mudah mengusir tikus ini untuk selama-lamanya. Tikus rumahan relatif agak sulit, karena medannya sulit dijangkau.
Teknik pembasmian:
1. Racun tikus cap Rackus: Rp 1000,
2. Jebakan tikus: Rp 13.000,-
3. Jebakan lem tikus cap Gajah: Rp 15.000,-

Dari ketiga alat ini yang paling efektif adalah jebakan lem tikus. Alat ini bisa dipakai berkali-kali dengan menambahkan lem setiap kali ada tikus yang terjebak.

Tikus yang sudah terjebak, di jebakan lem. Ambil tikus dengan kantong plastik, jebakan bisa dipakai berulang kali
Cara membunuh tikus:

1. Cara1: Gunakan gunting taman/rumput. Gunting ini cukup tajam untuk memotong kepala tikus. Jangan gunakan benda tumpul atau batu karena bekas cipratan darah akan tersebar kemana-mana.

2. Cara 2: Gunakan plastik rapat-rapat kemudian pukulkan tikus ke dinding atau tembok. Tikus akan mati dan tidak akan mengotori ruang disekitarnya

3. Cara 3: Masukkan dalam plastik rapat-rapat, bungkus dengan 2-3 kantong plastik, kemudian selotip rapat-rapat. Tikus akan mati lemas dan baunya tidak menyebar.

*Tips dari bapak, rumah di Jepara persis disamping sawah. Untuk tikus yang lebih besar dan lebih banyak, bapak seringkali menggunakan api untuk membasmi tikus. Mungkin ada saran dan pendapat lain?
PS: Untuk racun tikus, komposisinya adalah 80% Zink Posphide. Bahan ini bila terkena air, uap air atau lembab akan membentuk gas fosfin yang sangat beracun “Phosphine is highly toxic; it kills at low concentrations.

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungan anda....
Kami tunggu anda , kembali....

zakizi berbagi. Diberdayakan oleh Blogger.