Header Ads

http://zakizi.blogspot.co.id/

Cara Share Koneksi EVDO Smart, 3G Flash Melalui Wireless / Wifi

..............WWW.ZAKIZI.BLOGSPOT.COM / PECANGAAN, JEPARA...............


Sumber :Isantosa

Cara Share Koneksi EVDO Smart, 3G Flash Melalui Wireless / Wifi

Wireless router yang digunakan untuk men-sharing koneksi evdo / 3g ke wireless adalah TP-Link TP-MR3420. Harganya terjangkau sekitar 275rb-an. Yang perlu diperhatikan adalah jenis modem – modem yg di-support oleh device ini:


Tapi kalau modem anda ga ada di list (termasuk punya saya huawei EC1261-2) bisa dilihat di:
http://www.tp-link.com/en/support/3g/
Tapi tidak menjamin berfungsi karena sebelumnya saya coba menggunakan Venus Fast2 koneksi tidak stabil kadang modem terdetect kadang tidak. Paling aman cari modem yang terdaftar di list di atas.
ok, ini adalah peralatan saya, TP-link TL-MR3420, kabel ethernet (included), Huawei EC1261-2 + smart gratis 6 bulan :D

Langkah berikutnya, tancapkan modem ke router, lalu kabel ethernet ke router dan komputer, adaptor ke listrik

Setelah itu konfigurasi LAN network computer agar “Obtain IP & DNS automatically” caranya masuk control panel lalu:




Karena saya menggunakan Huawei EC1261-2 yang tidak terdaftar sebagai modem yang di-support secara default, maka saya mendownload file bin-nya dulu , Kalo modem anda sudah terdaftar tidak perlu langkah ini :
http://www.tp-link.com/en/support/3g/

Lalu extract file zip tersebut.
Buka internet browser (firefox or iexplore or chrome,dll), masukkan alamat 192.168.1.1

Masukkan username n password: admin

Lalu saya update router supaya support modem saya, kalau modem anda sudah di-support skip langkah ini.
Masuk ke menu Network -> 3G -> Modem Settings -> Add new -> (pilih file bin yang kita download tadi)
Ok, semua sudah siap saatnya men-konfigurasi router TP-linknya
Pilih Quick setup -> 3G Only -> (pilih location : Indonesia, pilih mobile ISP: koneksi anda, dalam hal ini saya pilih smart) -> (masukkan SSID terserah anda, kalo saya slamet (nama bapak saya :D ) dan masukkan pin password jg terserah anda (password buat konek wireless)) -> Next -> Reboot
Setelah reboot selesai, kita konfigurasi agar router otomatis konek ke internet, buka Network -> 3G -> (ubah connection mode ke connect automatically). Tunggu beberapa saat sampai status menjadi connected

Masuk ke menu Status, jika semua benar maka akan tampak sebagai berikut

Cabut ethernet kabel,
Klik wireless icon di taskbar, pilih ssid (klo saya slamet), klik connect lalu masukkan password yang anda set tadi

Koneksi internet melalui wifi siap digunakan :)

Tidak ada komentar

Terima kasih atas kunjungan anda....
Kami tunggu anda , kembali....

zakizi berbagi. Diberdayakan oleh Blogger.